Mata Cantik dan Natural dengan Softlens Halal – Zuhra Softlens [Review]

Juli 29, 2018




Sebagai pengguna kacamata garis keras alias kalau nggak pake kacamata semuanya langsung nampak burem, menggunakan lensa kontak sudah pasti jadi solusi wajib buat saya ketika tidak mau menggunakan kacamata. Pokoknya siapapun penemu lensa kontak ini harus masuk surga karena sudah membantu banyak orang seperti saya untuk melihat lebih jelas.

Nah, sebagai pengguna lensa kontak tentunya saya sering banget mencoba beberapa merk lensa kontak dari yang import hingga lokal. Tentunya semua produk tersebut ada kelebihan dan kekurangan ketika saya pakai. Apalagi mata saya sensitif banget, jadi kadang pernah sekali coba terasa panas, perih, dan iritasi. Akhirnya produk tersebut jadi tidak saya gunakan lagi. Karena sering sensitif, saya jadi memilih softlens dengan kandungan air yang tinggi. Ada lensa kontak dengan kadar air rendah, tapi polyhema tinggi. Biasanya untuk kasus yang begini, mata saya jadi sering terasa kering dan panas dan harus bawa cairan lensa kontak kemana-mana daripada nangis karena mata perih.
Beberapa waktu lalu saya mencoba Zuhra softlens, ini softlens pertama yang sudah ada lisensi Halalnya. Sebagai seorang muslimah, hal-hal seperti ini penting buat saya. Penasaran nggak nih kalau saya bahas tentang softlens ini? Lumayan kan, jadi nambah referensi buat belanjaan softlens.

Packaging & Detail

Zuhra softlens ini dikemas dalam box persegi tipis. Untuk warna kemasan boxnya disesuaikan dengan warna softlens yang ada didalamnya. Untuk softlens berwarna coklat, di box pun ada unsur warna coklat dan dominan putih begitu juga untuk warna lainnya. Tapi untuk warna hitam, boxnya berwarna dominan hitam. Di kemasan box luar pojok kanan atas terdapat logo Halal dari MUI. Zuhra softlens ini adalah softlens pertama dengan konsep halal. Pada kemasan tersebut juga terdapat informasi lengkap mengenai softlens Zuhra ini didistribusikan oleh PT. Katamata yang sudah mendapatkan izin juga dari Kemenkes RI. Duh, makin nggak ragu kan?

Kemudian softlens ini adalah buatan Korea, jadi nggak heran kenapa motif yang ada di Zuhra Softlens ini bagus-bagus dan nggak terlihat norak kalau dipakai. Seperti layaknya softlens Korea yang memberi kesan mata cantik natural.


Box luar untuk softlens berwarna black, dominan berwarna hitam berbeda dengan yang lainnya
Blister untuk softlens berwarna green


Nah, lanjutkan kita buka kemasan dalamnya. Softlens tersebut dikemas dalam bentuk blister yang jelas pasti aman. Di kemasan box dan blister pun memberikan info tentang power range minus softlens (SPH), diameter, BC, Lot dan tanggal kadaluarsa. Mungkin ada yang penasaran, apa itu SPH dan apa itu BC? SPH sendiri adalah untuk mengetahui power range lensa yang kita gunakan, untuk yang saya gunakan SPH: -2.00 karena mata saya minus -2.00, sedangkan jika mata kalian normal, maka akan diberika keterangan SPH: 0.00. BC (Base Curve) sendiri yang menunjukkan kelengkungan lensa kontak kita, untuk yang beredar di Indonesia biasanya adalah BC=8.60.

Satu buah steril kontak lensa mengandung 45% polyhema dan 55% water di larutan salin buffer. Nah, seperti yang saya bilang sebelumnya saya memang cenderung memilih lensa dengan kadar air tinggi karena mata saya yang gampang perih dan panas. Nah, sebenarnya lebih baik yang mana antara lensa kontak dengan kadar air tinggi atau kadar air rendah? Jawabannya adalah tergantung dengan kondisi mata kita. Ketika lensa kontak/softlens belum dibuka dan masih dalam segel, lensa kontak akan mendapatkan suplai air dari air rendaman yang ada di segel. Nah, ketika sudah dipakai lensa kontak mendapatkan air dari mata kita. Jika kondisi mata kita normal, lebih baik menggunakan lensa kontak dengan kadar air tinggi. Sedangkan, jika mata kita cenderung kering lebih baik menggunakan lensa kontak dengan kadar air rendah. Saya sendiri juga sudah mencobanya untuk aktivitas seharian, mata tidak terasa kering ataupun mengganjal. Hari pertama saya menggunakan selama kerja (08.00-16.30), mata tidak ada keluhan selama penggunaan dan setelah penggunaan. Bangun tidur pun mata masih dalam kondisi baik/ tidak ada iritasi. Berbekal kemarin sudah mencoba sekitar 8 jam, hari berikutnya saya mencoba sampai jam 8 malam. Hasilnya mata saya juga tidak ada keluhan. Intinya sih saya tidak kapok buat menggunakan Zuhra Softlens, malah jatuh cinta lebih tepatnya.

begini kurang lebih penampakan mata saya dengan Zuhra softlens warna hijau, tidak terlalu terlihat hijaunya. Di mata tetap kalem

Saya menggunakan Zuhra Softlens hijau

Zuhra Softlens Black, jika digunakan mata terlihat bening dan besar. Tidak seperti menggunakan softlens

Dengan Zuhra Softlens Brown

Dengan Zuhra Softlens Brown

Nah untuk penampakannya sendiri, mata tetap terkesan natural. Diameter 14.5 mm yang dimiliki memberi kesan mata lebih besar, tapi tetap terlihat tidak berlebihan. Untuk warna, saya sendiri lebih suka warna coklat dan hitam karena seperti tidak menggunakan lensa kontak. Warna hijaunya juga bagus, karena hijaunya agak gelap dan tidak mencolok. Ketika digunakan juga tetap cantik. Ohya, yang penting juga kita bisa dengan mudahnya membedakan bagian dalam dan luarnya karena jelas perbedaannya. Biasanya nih kalau buru-buru, saya sering terbalik menggunakan sisi luar dan dalam softlens. Untuk masa pakai Zuhra softlens ini jika sudah dibuka adalah 6 bulan, tapi jika belum dibuka segelnya bisa sampai masa kadaluarsa.

Bagaimana perawatannya?


Seperti layaknya perawatan softlens lainnya, Zuhra Softlens juga tidak ada perbedaan dalam perawatan. Tetapi untuk cairan lensa kontak yang saya gunakan untuk Zuhra Softlens ini adalah ICE All In One-Multi Purpose Contact Lens Solution. ICE All In One-Multi Purpose Contact Lens Solution ini adalah cairan khusus yang digunakan untuk lensa kontak baik untuk membersihkan, membunuh bakteri yang ada pada permukaan lensa, menjaga tekstur lensa baik sebelum dipakai ataupun saat tidak digunakan. Untuk kemasannya sendiri, cairan lensa ini gampang dibawa kemanapun karena saya menggunakan ukuran travel size 150 ml. Tutup botolnya tip-top, saya lebih suka tutup botol yang seperti ini karena lebih aman dari resiko tumpah jika dibawa kemana-mana. Sejauh ini saya suka dengan ICE All In One-Multi Purpose Contact Lens Solution, karena tidak ada keluhan di mata saya selama penggunaannya.

Kelebihan Zuhra Softlens :
·         Halal
·         Nyaman dipakai (tidak ada keluhan panas dan kering saat saya gunakan)
·         Warna dan motifnya natural
·         Kadar air tinggi (ini selera ya, karena saya sendiri lebih suka yang seperti ini)
·         Harga cukup terjangkau dibandrol sekitar 70K-90K
·         Mudah dibedakan sisi luar dan dalamnya
·         Mata jadi terlihat lebih besar, tapi natural
·         Ada untuk mata minus dan normal
·         Repurchase? Yes!

Kekurangan:
So far, belum ada kekurangan yang saya temukan selama kurang lebih 3 minggu pemakaian.

Nah, share juga dong softlens dan cairan softlens favorit kalian apa? Atau boleh juga share kesan-kesan kalian kalau ada yang sudah pernah mencoba menggunakan Zuhra Softlens



See You on My Next Posts,
Love


You Might Also Like

0 komentar

Follow Diah by Email

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe