Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Juni 09, 2017


Kali ini saya mau review produk skincare Cetaphil gentle Skin Cleanser yang sudah saya pakai menggantikan facial wash saya yang sebelumnya (Sebelumnya saya menggunakan produk dari suatu klinik). Kebetulan juga awal tertariknya karena racun dari para video blogger yang merekomendasikan kalau ini adalah produk bagus (bukan karena habis mendapatkan product knowledge dari Cetaphil bulan lalu ya). Memang waktu awal mau ganti facial wash ini sempat mikir takut nggak cocok, apalagi muka saya tipe kombinasi normal – oily. Gampang jerawatan kalau salah produk, pori-pori lumayan kelihatan, dan suka muncul komedo. Dan pilihan jatuhlah pada si cetaphil ini, saya sudah menggunakan beberapa bulan, tapi sempat selang-seling dengan produk yang lain. Setelah produk tersebut habis, balik lagi ke Cetaphil ini. Eh tapi Cetaphil ini nggak cuma bisa dipakai di muka, di badan juga bisa. Tapi yaa.. kalau saya sih sayang buat di badan.

Cetaphil ini adalah produk dari Galderma. Galderma adalah sebuah perusahaan yang berkomitmen untuk selalu memberikan solusi medis yang inovatif demi memenuhi kebutuhan akan perawatan kulit sekaligus memberikan pelayanan kesehatan yang profesional di seluruh dunia.
Lebih dari 30 tahun, Galderma memfokuskan diri untuk memberikan solusi medis yang inovatif untuk masalah kulit seperti jerawat, rosacea (bintik kemerahan), psoriasis (radang kemerahan), masalah kulit lainnya yang timbul akibat steroid, onychomycosis (infeksi jamur di kuku), kelainan pigmen kulit, kanker kulit, dan perawatan serta solusi perbaikan untuk penuaan kulit.

Dilansir dari webnya, Cetaphil Gentle Skin Cleanser memiliki kandungan yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi ketika membersihkan kulit Anda. Baik untuk segala jenis kulit, bahkan kulit bayi sekalipun. Produk ini pun juga memberikan klaim berupa,
  • Cocok untuk semua jenis kulit
  • Ideal untuk wajah dan seluruh tubuh
  • Bekerja tanpa menyebabkan iritasi kulit
  • Formula pH-balanced bebas sabun
  • Dapat digunakan dengan atau tanpa air

Komposisi
Untuk masalah komposisi, Cetaphil gentle Skin Cleanser ini memiliki kandungan Purified Water, Cetyl Alcohol, Propylene Glycol, Sodium Lauryl Sulfate, Stearyl Alcohol, Methyl Hydroxibenzoate, Propyl Hydroxibenzoate, Butyl Hydroxibenzoate.

Waktu baca komposisi, pasti ada beberapa yang takut karena ada kandungan alkoholnya yang nanti bikin kulit kering. Tapi, Cetyl & stearyl alcohol. Semuanya adalah komposisi yang baik untuk kulit kering, dan dalam jumlah yang sedikit kandungan tersebut oke untuk semua jenis kulit dan menjaga komposisi dalam produk tetap stabil.

Sebenarnya yang agak bikin bingung adalah kandungan Sodium Lauryl Sulfate, Kandungan tersebut biasanya untuk cleansing agents dan seharusnya dihindari ada di facial wash karena beberapa resikonya. Salah satunya mungkin iritasi atau mungkin mengurangi natural-oil yang sebenarnya dibutuhkan pada kulit.



Kemudian bicara soal tekstur, tekstur dari Cetaphil gentle Skin Cleanser ini tidak berwarna, tidak ada scrubnya, cair agak kental, jadi jangan lupa untuk tutup botolnya supaya tidak tumpah kemana-mana. Dan saat menuangkan juga harus hati-hati, karena yang keluar bisa banyak/tumpah.

Kebetulan juga produk ini soap and fragrance free, yang artinya menggunakan natural oil/ bebas lemak hewan. Ketika digunakan juga tidak berbusa, dan memang sabun yang baik adalah sabun yang tidak mengeluarkan busa yang banyak. Busa yang banyak adalah indikator adanya deterjen. Jadi, belum tentu karena banyak busa, produk tsb bisa membersihkan muka benar-benar bersih. Busa juga memiliki kecenderungan membuat muka kering.

Cara penggunaan
Dengan air: Usapkan pada kulit, gosok dengan lembut, lalu bilas dengan air.
Tanpa air : usapkan pada kulit, gosok dengan lembut, lalu bersihkan dengan handuk.
Kalau pas malas menggunakan air atau sedang dalam kondisi minim air/ air jauh , kalian bisa gunakan opsi cara penggunaan tanpa air. Hasilnya juga tetap bersih.

Kesimpulannya dari Cetaphil Gentle Skin Cleanser (untuk poin pros) :
  • Non – comedogenic
  • Praktis, Dapat digunakan dengan atau tanpa air
  • Bisa untuk wajah dan seluruh tubuh
  • melembapkan dan membuat kulit terasa halus
  • Tidak mengiritasi
  • Sesuai untuk semua jenis kulit, terutama yang sensitif
  • Tidak perih di mata
  • Tidak mengandung pewangi
  • Untuk kemasan 125 ml, harganya <100 k (belinya dimana yang spesifik untuk harga sekian, bisa Private message ya :D )
  • gampang dicari, di beberapa drugstore dan toko kosmetik dengan harga variatif
  • Repurchase ? yes
untuk poin contras :

  • Agak boros saat menuangkan, mungkin karena faktor kemasan

By the way, ini semua berdasarkan pengalaman saya pribadi ya. Jadi belum tentu sama untuk individu yang berbeda. Tapi kalau mau coba ngga ada masalah. Semoga yang saya jelaskan, bisa memberikan pencerahan. Sekian.


See You On My Next Post,
Love

Diah

You Might Also Like

0 komentar

Follow Diah by Email

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe