Menebar Kebaikan dengan Terus Berkarya dan Bermanfaat

April 28, 2020


Menebar Kebaikan dengan terus berkarya dompet dhuafa


Ketika tangan kanan memberi, tangan kiri sebaiknya tidak mengetahui
Ketika kita memberi, sebaiknya tidak berharap itu kembali
Ketika kita berbagi, akan ada rasa syukur yang tak henti
Ketika kita berbuat baik, akan ada kebaikan lain yang menghampiri


Berbuat baik bukan hanya tugas seorang hartawan ataupun pemerintah. Berbuat baik bisa dilakukan oleh semua orang baik yang memiliki rasa bahwa kebahagiaan itu bukan hanya milik kita sendiri, tetapi semua orang berhak mendapatkan bahagianya. Di masa pandemi ini masih banyak orang yang peduli terhadap sekitarnya, para sahabat peduli ini berjuang dengan kebaikannya membantu sesuai dengan apa yang mereka bisa, dari menyumbangkan Alat Perlindungan Diri (APD) untuk tenaga medis yang berjuang di garda terdepan, membagikan hand sanitizer, berbagi sembako untuk mereka yang terdampak wabah ini. Tapi tentunya bukan hanya mereka yang menjadi orang baik di masa ini, tetapi ada pula tenaga medis yang menebar kebaikan mereka melalui perjuangan mereka melawan wabah ini, para driver ojek online yang menebar kebaikan mereka melalui jasa mereka mengantarkan apa yang masyarakat butuhkan, dan masih banyak orang baik lainnya yang menebar kebaikannya melalui apa yang mereka bisa. Berbagi bukan hanya soal harta, tetapi adalah tentang makna dan manfaatnya.


Berkarya adalah Pengabdian

 
Menebar Kebaikan dengan terus berkarya dompet dhuafa
Kartini, salah satu karya beliau yang ingin ia donasikan. Karyanya adalah pengabdiannya
“Ini adalah cerita tentang seorang seniman, yang berkomitmen untuk terus berkarya. Karena baginya berkarya adalah pengabdian”

Beliau adalah Pak Totok, seorang pensiunan sekaligus seniman. Setelah pensiun dari pengabdian dirinya pada negara, beliau memilih untuk terus berkarya dan berkesenian sebagai bentuk pengabdiannya. Berkarya seperti ini sudah beliau lakukan sejak muda, hingga akhirnya memutuskan untuk mendalami kecintaannya pada dunia seni dengan bersekolah di STSRI “ASRI” yang kini dikenal dengan Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta. Jiwa seni dan tangan kreatif beliau sudah mengantarkan beliau hingga pameran dua negara, pameran dengan skala nasional, dan pameran tunggal karya-karya beliau. Semangat beliau untuk terus belajar tidak berhenti hanya di pendidikan formal, karena belajar bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Hingga di usia beliau sekarang pun, semangat untuk belajar berbagai hal masih belum pudar. Karena usia itu soal angka, tetapi belajar itu tidak mengenal masa.

Semasa aktif bekerja, beliau menyalurkan hobinya berkesenian di waktu senggang. Bisa membagi waktu dan tetap profesional sebagai pengabdi negara, sekaligus seniman tidak membuat beliau lantas berpuas diri dengan apa yang sudah dikerjakan dan yang sudah dicapai. Banyak hal yang masih harus dipelajari untuk meningkatkan kemampuan. Bukan hanya dengan melukis, beliau juga mengukir, menjadi dalang perwayangan, dan bernyanyi dalam kesehariannya. Setelah tidak aktif bekerja sebagai abdi negara, maka hari-harinya diisi dengan terus berkarya positif. Berkarya itu membuatnya bahagia, dan dalam menebar kebaikan itu kita harus bahagia. Menebar kebaikan memang bukan cuma tentang berdonasi, tetapi bisa dengan melakukan hal-hal baik untuk orang lain. Definisi menebar kebaikan pun banyak, bisa membuat orang lain tersenyum dan bersyukur adalah contoh dari hal baik. Hal tersebut adalah yang biasa beliau ajarkan pada saya.
 
Menebar Kebaikan dengan terus berkarya dompet dhuafa
Beberapa karya dan momen penting beliau yang sempat saya dokumentasikan



Berkarya adalah pengabdian, sebuah kalimat dari beliau yang cukup menarik buat saya. Pasalnya, tidak banyak orang yang berpikir untuk mengkaryakan dirinya agar bisa bermanfaat. Apapun yang kita karyakan, tetaplah lakukan dengan positif. Jika kamu seorang penulis, tulislah hal yang baik untuk memotivasi banyak orang. Jika kamu seorang content creator, maka buatlah konten yang positif dan bermanfaat. Semua hal baik yang bisa kita lakukan, lakukanlah karena kita ingin mengabdikan diri menjadi insan yang bermanfaat.

“Hiduplah seolah engkau mati besok. Belajarlah seolah engkau hidup selamanya”-Mahatma Gandhi

Menjadi orang yang bermanfaat untuk sekitarnya adalah hal yang diinginkan oleh banyak orang. Semakin kita bermanfaat untuk orang lain, akan menjadikan kita pribadi yang lebih baik untuk orang lain. Tentunya untuk menjadi bermanfaat kita harus mengetahui apa potensi yang bisa kita bagikan. Di tengah masa pandemi ini, beliau memfokuskan diri untuk berkarya positif. Karena berkarya adalah bentuk support beliau terhadap program pemerintah untuk tetap #DirumahAja dan memberikan hal yang bermanfaat.


Menebar Kebaikan dengan Terus Berkarya

  
Menebar Kebaikan dengan terus berkarya dompet dhuafa
Menebar Kebaikan dengan Terus Berkarya dan Bermanfaat
Banyak hal baik yang bisa kita lakukan. Dari berbagi harta, berbagi ilmu, berbagi waktu, berbagi tenaga, dan berbagi kebaikan dalam hal apapun yang kita bisa.

“Karyamu adalah pahalamu, karyamu adalah tanggung jawabmu.”

Berkarya harus bermanfaat, begitulah apa yang kurang lebih beliau terapkan. Tujuan beliau dalam berkarya pun mulia, karena sebagian besar dari hasil karyanya yang terjual akan didonasikan untuk yang terdampak Covid-19 ataupun yang membutuhkan. Jiwa beliau yang ingin turut membantu, tetapi tetap dalam kapasitas yang beliau miliki. Karena menebar kebaikan tidak selalu tentang berbagi harta, tetapi bisa pula tentang manfaat yang bisa kita berikan. Karena jika apa yang kita lihat selalu tentang harta, maka kita akan sibuk membanding-bandingkan apa yang kita miliki dengan orang lain, dan melupakan rasa syukur. Sesuai dengan komitmen beliau, mendonasikan hasil karyanya adalah hal kecil yang bisa ia lakukan sebagai bentuk wujud syukur atas apa yang sudah Allah berikan. Hal tersebut adalah hal yang istimewa, karena semangat beliau dalam berbuat baik dan tidak memikirkan keuntungan untuk dirinya.

Siang itu, beliau menyelesaikan beberapa karyanya yang merupakan komitmen dan tanggung jawabnya terhadap orang lain. Beliau pun bercerita salah satu hasilnya nanti akan dialokasikan untuk membangun pembangunan masjid di daerah yang tidak jauh dari rumahnya. Goresan kuas yang disertai dengan jiwa baik tersebut semoga dilancarkan oleh Allah untuk bisa segera terealisasi. Berbagi ilmu dan manfaat dari apa yang beliau miliki, tidak lantas akan membuat beliau nantinya miskin ilmu, miskin kreatifitas, ataupun miskin manfaat. Bagi beliau, karena akan selalu ada hal baik yang datang ketika melakukan suatu kebaikan. Berkarya tetap harus bermanfaat untuk semua orang, karena apa yang kita lakukan akan dipertanggungjawabkan nantinya. Perpaduan antara niat baik dan kecintaannya pada dunianya, membuat beliau tergerak untuk menebar kebaikan dan berharap akan ada banyak orang yang ikut tergerak berbuat baik dengan caranya masing-masing. Menurut saya menebar kebaikan versi beliau ini cukup menarik, karena saya dapat melihat kebaikan dalam bentuk lainya. Dan apa yang saya lakukan, semoga juga bisa mensupport beliau untuk terus berkarya dan berbuat baik.




Ketika kita berniat untuk berbagi kebaikan, kita tidak perlu saling mengenal terlebih dahulu siapa yang akan kita beri. Yang terpenting adalah mereka membutuhkan kebaikan para sahabat penggerak kebaikan.


Dompet Dhuafa sebagai Sahabat Kebaikan


Dengan kemajuan teknologi, berbagi bukanlah perkara yang sulit di masa sekarang. Banyak hal baik yang sudah bisa dilakukan hanya dengan handphone dan internet. Dompet Dhuafa pun menghadirkan berbagai kemudahan untuk masyarakat dan calon donatur. Sesuai dengan komitmennya, Pak Totok pun setuju jika nantinya niat baiknya bisa difasilitasi melalui Dompet Dhuafa sebagai sahabat kebaikannya. Tentunya, teknologi bukan hal yang mudah bagi beliau, tetapi hal yang ditawarkan Dompet Dhuafa terbilang cukup mudah dipahami. Langkah-langkah jika ingin berdonasi pun terbilang sangat ringkas dan tidak menyulitkan donatur. Di tengah kondisi dunia yang sedang menghadapi pandemi, Dompet Dhuafa pun menghadirkan program Bersama Lawan Corona. Dimana program ini adalah yang beliau pilih nantinya untuk berdonasi. Menurutnya, yang bisa kita lakukan di masa pandemi adalah membantu pemerintah dengan mengikuti aturannya dan membantu mereka yang terdampak sesuai dengan apa yang kita bisa. Karena beliau bukanlah tenaga medis yang bisa langsung berjuang di garda terdepan, tetapi mendonasikan hasil karyanya adalah bentuk dukungannya terhadap perjuangan para pahlawan Covid-19.

Bicara soal Program Bersama Lawan Corona milik Dompet Dhuafa, program ini pun memiliki berbagai fokus, yaitu:
− Paket Sahur untuk tenaga medis di Rumah Sakit
− Mobile Health Service: Layanan medis door to door untuk dhuafa
− Pelatihan pemulasaran jenazah covid-19 untuk tenaga medis
− Barzah bantu pemakaman jenazah PDP Corona
− Pembagian sembako untuk masyarakat miskin dhuafa dan pekerja jalanan terdampak corona (Covid-19)
− Pembagian APD untuk tenaga medis di rumah sakit
− Semprotkan cairan disinfektan di beberapa tempat fasilitas umum

More Info Bersama Lawan Corona Dompet Dhuafa


Tidak hanya di program tersebut, Dompet Dhuafa memiliki program menebar kebaikan lainnya. Kita bisa menyesuaikan berdonasi melalui program sesuai dengan apa yang diinginkan. Terkait nominal yang harus kita donasikan juga tidak harus dalam jumlah banyak. Jadi, kita tidak perlu menunggu jadi hartawan terlebih dahulu untuk bisa berbagi dan menebar kebaikan. Di Dompet Dhuafa nominal Rp 10.000, sudah bisa kita donasikan. Karena yang terpenting adalah niat dalam berbuat baik, agar kita bisa menciptakan bahagia dan manfaat untuk diri kita sendiri dan orang lain. Kemudian jika kalian ragu apakah jumlah yang kita berikan akan diberikan seluruhnya atau tidak, apakah ada laporan dari hasil donasi kita, kita bisa melihat laporannya dari akun donatur yang kita miliki di Dompet Dhuafa. Kapan kita memberikan donasi, bukti donasi, jenis donasi yang kita pilih, dan jumlah yang kita berikan adalah hal bisa kita lihat di akun tersebut sebagai info transaksi donasi kita setiap bulan. Berkat akun tersebut, tidak ada keraguan nantinya dalam menebar kebaikan. Dari apa yang sudah pernah saya donasikan melalui Dompet Dhuafa, Dompet Dhuafa juga akan memberikan email konfirmasi pemberitahuan terkait donasi yang sudah kita berikan. 

Untuk para sahabat yang ingin berzakat, kita juga bisa menunaikan kewajiban zakat melalui Dompet Dhuafa. Bahkan kita tidak perlu bingung lagi, berapa yang harus kita berikan untuk zakat. karena di Dompet dhuafa juga terdapat fasilitas Kalkulator Zakat dan pedoman dalam berzakat.  Sungguh banyak sekali fitur dari Dompet dhuafa yang memudahkan para penggunanya. sehingga, seharusnya banyak orang yang menjadi lebih semangat dalam berbuat baik dan berbagi. Selain mendapatkan pahala dari berbagi, kebaikan berbagi pun tidak hanya dirasakan oleh oleh banyak orang. Kita menjadi lebih bersyukur dengan apa yang kita miliki, dan bagi yang dibantu pun bisa bersyukur dengan apa yang sudah diberi. Dengan berbagi dan berbuat baik akan memberikan rasa bahagia untuk diri kita dan juga orang lain, dengan rasa bahagia tersebut kita menjadi lebih sehat. Berbagi juga membuat kita lebih peduli dengan sesama dan menimbulkan hubungan yang baik dengan orang lain. Selain itu, kebaikan berbagi bisa membuat orang terinspirasi untuk melakukan hal yang baik pula untuk sekitarnya.

Menebar Kebaikan dengan terus berkarya dompet dhuafa
Kebaikan Berbagi dan Menebar Kebaikan


Jadi, tidak perlu bingung untuk bagaimana dan dimana harus berdonasi. Karena Dompet Dhuafa sebagai sahabat dalam menebar kebaikan, telah menawarkan berbagai hal dan kemudahan untuk kita. Biarpun #DirumahAja kita tetap bisa melakukan hal baik, berdonasi, dan bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan. Karena Dompet Dhuafa mempermudah kita dalam menebar kebaikan dan memperoleh bahagia. Sehingga, kita tetap terus dapat berkarya, bermanfaat, dan menebar kebaikan. 



*****

"Tulisan ini dikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa"



More Info cek
Twitter: @dompetdhuafaorg
Instagram: @dompetdhuafaorg
Facebook: Dompet Dhuafa




You Might Also Like

13 komentar

  1. Berbagi itu indah, terus tebar kebaikan kepada sesama

    BalasHapus
  2. Menebar kebaikan dengan kapasitas masing-masing. Tidak selalu dengan harta, dengan curahan pikiran dan tenaga dalam karya pun bisa. Wah.. Salut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita selalu bisa berbuat baik ya mbak ❤️

      Hapus
  3. salut bangeet mbak. semoga selalu bias berbuat baik ya

    BalasHapus
  4. salut bangeet mbak. semoga selalu bias berbuat baik ya

    BalasHapus
  5. Semamgat berbuat baik sis 💪💪

    BalasHapus
  6. Masyaallah sharing is care ya! Semoga selalu bisa menebar kebaikan ♥️

    BalasHapus
  7. semangat terus untuk menebar kebaikan!

    BalasHapus
  8. Berbagi Itu indah, semoga kita semua bisa berbuat baik ❤️


    anandadppl.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, semangat terus menjadi baik ya mbak :)

      Hapus
  9. Menata diri dengan menebar kebaikan 😘

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca tulisan di blog ini. Silahkan beri komentar ataupun kritik yang membangun supaya tulisan saya menjadi lebih baik

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe