Perempuan Masa Kini Dapat Terus Berkarya dan Bebas Anyang-anyangan dengan Prive-Uricran

Maret 13, 2018

Anyang-anyangan, Penyebab Anyang-anyangan, Cara mencegah anyang-anyangan

Sudah memasuki tahun keempat, dimana saya menjadi wanita karir dan memasuki tahun kedua berstatus seorang istri. Hal penting dari kedua peran tersebut adalah bagaimana saya menyeimbangkan karir, keluarga dan diri sendiri. Namun tentu saja dalam peran saya sebagai perempuan aktif, seorang apoteker, seorang leader dari perusahaan start-up, seseorang yang aktif di social media juga rentan terhadap anyang-anyangan. Agar terus dapat berkarya sebagai perempuan masa kini, tentu saja memerlukan produk praktis yang dapat mencegah dan mengobati anyang-anyangan, seperti Prive-Uricran dengan rasa cranberrynya. Seorang perempuan masa kini harus cerdas dalam menjaga diri, menjaga kesehatan, menjaga produktivitas, dan menentukan apa yang terbaik dalam mencapai target yang diinginkan.

******

            Sebagai perempuan dengan segudang aktivitas dari seorang apoteker, leader di sebuah perusahaan start-up, seseorang yang aktif berbagi di social media, dan tentu saja peran penting sebagai seorang istri membuat saya harus memiliki ekstra “proteksi diri”, karena banyak hal yang bisa mengganggu produktivitas. Walaupun saya adalah seseorang yang paham dengan dunia medis dan dunia obat-obatan, belum tentu hal tersebut membebaskan saya dari berbagai penyakit. Karena anyang-anyangan ini pernah saya alami dan saya jumpai. Anyang-anyangan adalah salah satu penyakit yang hampir sebagian perempuan pernah mengalaminya.


Anyang-anyangan bagi Perempuan Masa Kini Sungguh Mengganggu
Seringkali orang berpikir anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih adalah penyakit yang sama tetapi berbeda cara memanggilnya, seperti halnya memanggil laki-laki dengan sebutan “mas” dan ‘abang”. Padahal, sebenarnya keduanya adalah kondisi berbeda. ketika seseorang mengalami anyang-anyangan, orang tersebut belum tentu infeksi saluran kemih. Sedangkan, jika orang tersebut dalam kondisi ISK biasanya juga disertai dengan anyang-anyangan. Jadi sebenarnya apa itu anyang-anyangan ? Anyang-anyangan atau istilah medisnya polakisuria adalah kondisi dimana kandung kemih kita tidak bisa menampung >500 mL urin akibat adanya peradangan mukosa yang menyebabkan kita sering berkemih. Untuk orang-orang dengan banyak aktivitas seperti saya, anyang-anyangan biasanya terjadi karena menahan buang air kecil dan dehidrasi. Pikiran seperti, “ah, pipisnya nanti deh kerjaannya masih banyak nanggung kalau ditinggal” sering sekali muncul dan rasanya sepele, tapi dari hal yang kita anggap sepele ini bisa berbahaya.
Anyang-anyangan sebenarnya beresiko pada semua orang, baik laki-laki ataupun perempuan. Namun, perempuan memiliki resiko yang lebih besar. Dan tahukah kalian bahkan 5 dari 10 perempuan atau sekitar 50 persen perempuan pernah mengalami infeksi saluran kemih dengan gejala awal anyang-anyangan. Alasan secara anatominya adalah karena saluran kencing pada perempuan yang lebih pendek, sehingga bakteri yang ada bisa dengan mudahnya menuju kandung kemih. Apalagi uretra perempuan letaknya dekat dengan anus, dan anus adalah tempat bakteri yang berasal dari usus besar, khususnya bakteri E. Coli. Cara membasuh organ kewanitaan setelah buang air yang salah, yaitu dari belakang ke depan bisa menyebabkan perpindahan bakteri dari anus ke kandung kemih. Hal ini nantinya yang menyebabkan terjadi infeksi saluran kemih. Faktor penyebab anyang-anyangan lainnya yang menyebabkan perempuan lebih rentan adalah penggunaan alat kontrasepsi, menopause, dan bahkan kondisi wanita hamil.
Sebenarnya anyang-anyangan tidak memiliki gejala yang spesifik, tetapi ada beberapa kondisi yang biasa terjadi. Gejala umumnya, seperti sering buang air kecil dengan volume urin yang dikeluarkan sedikit, muncul rasa nyeri di bagian panggul (umumnya pada wanita) dan di anus jika terjadi pada laki-laki, ada rasa perih saat buang air kecil. Belum lagi ada gejala seperti urin yang berbau tidak sedap, menyengat, warna menjadi lebih pekat, dan terkadang bisa mengandung darah. Beberapa orang juga merasakan tubuh yang merasa lelah dan kurang fit, kadang disertai demam.
Beberapa pasien yang pernah saya jumpai paling sering mengeluhkan BAK terus menerus dalam jumlah sedikit dan terkadang disertai dengan rasa perih/ sakit buang air kecil. Jadi, sudah terbayang dengan banyaknya penyebab pada perempuan dan gejala yang umum terjadi tersebut sungguh akan mengganggu. Saya sendiri pernah mengalaminya sekali dan hal tersebut jelas menyebalkan. Selain karena jadi harus bolak-balik kamar mandi, hal tersebut juga mempengaruhi mood saya selama bekerja. Jelas efek yang ditimbulkan jadi tidak baik.
Anyang-anyangan, Penyebab Anyang-anyangan, Cara mencegah anyang-anyangan



Anggapan yang Salah : Banyak Minum = Buang Air Kecil Terus = Penyebab Anyang-anyangan
Apakah kalian pernah mengalami buang air kecil terus menerus yang disebabkan terlalu banyak minum ?. Nah, kemudian kondisi tersebut kalian sebut sebagai anyang-anyangan. Banyak minum = bolak-balik toilet untuk berkemih = anyang-anyangan = salah. Memperbanyak minum adalah salah satu solusi untuk mengurangi resiko terjadinya dehidrasi yang nantinya bisa menyebabkan anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih.


Kenapa Perempuan Masa Kini bisa Anyang-anyangan dan Bagaimana Mengatasinya ?
Kenapa sih bisa anyang-anyangan? Setelah ditelusuri dari beberapa kasus yang saya jumpai, jelas yang paling sering saya jumpai terjadi pada perempuan. Setidaknya dalam sebulan ada 20 pasien dengan keluhan anyang-anyangan, dan sekitar 12 orang adalah perempuan. Alasannya tentu saja banyak, seperti karena anatomi, kontrasepsi, hormonal. Dan kasus ini tidak hanya terjadi pada perempuan yang bekerja di luar rumah dan perempuan yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga,  ibu hamil juga sering mengalaminya. Seringnya menahan buang air kecil karena masih banyak pekerjaan atau masih di jalan dan masih banyak alasan lainnya untuk menunda buang air kecil juga bisa menjadi masalah. Urin yang harus dikeluarkan mengandung bakteri dan jika ditahan maka jumlah bakteri tersebut akan menumpuk, hal ini nantinya yang akan berefek menjadi penyakit. Kasus inilah yang pernah saya alami sendiri, karena sudah sibuk sendiri jadi tidak menghiraukan kebutuhan tubuh seperti berkemih. Jadi, jangan menahan buang air kecil demi kesehatan dan supaya tidak menjadi penyebab sakit buang air kecil.
Dan tak jarang yang datang mengeluh anyang-anyangan, setelah ditelusuri ternyata kurang minum air putih. Alasannya bahkan bermacam-macam, dari yang tidak doyan air putih, lupa minum, tidak merasa haus, atau ada juga yang merasa aktivitasnya tidak memerlukan cairan yang banyak. Cara yang seperti ini sebaiknya segera diperbaiki, karena tubuh paling tidak membutuhkan dua liter air. Air putih ini nantinya juga bisa membantu mengeluarkan bakteri dari saluran kemih melalui urin. Jadi, cukupi kebutuhan minum air putih karena manfaat baiknya bisa menjadi salah satu cara mencegah anyang-anyangan.
Masalah yang paling sering terjadi lainnya adalah cara membasuh organ kewanitaan yang salah (dari belakang ke depan) dan toilet yang kotor. Mungkin masalah ini biasa dijumpai oleh perempuan yang banyak bekerja di lapangan atau yang sedang bepergian dimana harus menggunakan toilet umum. Upaya mencegahnya dimulai dari diri sendiri, dari memperbaiki cara membasuh, rajin mengganti pakaian dalam hingga pastikan toilet yang digunakan dalam kondisi bersih.
Kasus lainnya yang beberapa kali saya jumpai adalah pada wanita hamil, mereka kerap sekali mengeluhkan hasrat ingin buang air kecil meningkat. Kok bisa? Hal ini disebabkan oleh kandung kemih yang ada semakin ditekan oleh janin. Infeksi saluran kemih pada kondisi ini sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan resiko keguguran. Terbayang kan jika sedang hamil dan kebetulan juga aktif bekerja, masalah yang muncul seperti bertubi-tubi.
Beberapa yang saya ceritakan diatas adalah beberapa penyebab anyang-anyangan dan cara mengatasi susah buang air kecil/ anyang-anyangan secara non farmakologis. Nah, buat saya yang sebagai apoteker tentu saja kerap sekali menjumpai beberapa pasien yang sudah mendapatkan resep pengobatan untuk kasus anyang-anyangan bahkan ISK. Biasanya jika yang dikeluhkan anyang-anyangan disertai dengan nyeri, diberikan pereda nyeri yang disesuaikan dengan kondisi pasien dan skala nyeri yang terjadi pasien tersebut. Dan jika benar-benar sudah terjadi infeksi saluran kemih, yang ditegakkan berdasarkan data laboratorium atau pemeriksaan. Dokter akan memberikan antibiotik. Kalau kalian bertanya pada saya, mana yang lebih baik apakah terapi farmakologis atau non farmakologis ? jawabannya jelas disesuaikan dengan kondisi pasien. Buat saya sendiri, lebih baik mencegah daripada mengobati. Hal-hal sederhana seperti perbanyak minum air putih, menjaga kebersihan daerah kewanitaan, memastikan toilet yang akan digunakan dalam kondisi bersih, dan tidak menunda buang air kecil adalah solusi yang baik dan mudah dilakukan.

Anyang-anyangan, Penyebab Anyang-anyangan, Cara mencegah anyang-anyangan


Prive Uricran, Inovasi Praktis untuk Mencegah Anyang-anyangan bagi Perempuan Masa Kini
Buah Cranberry sepertinya sedang naik daun untuk pengobatan karena kaya akan vitamin dan menyehatkan. Rasa yang tajam dan cenderung asam, membuat buah ini jarang dikonsumsi secara mentah dan memang jarang ditemukan di Indonesia. Biasanya kita temukan sudah dalam bentuk tertentu entah obat atau minuman. Penggunaan Cranberry sebagai terapi alami untuk anyang-anyangan atau ISK sudah diketahui sejak lama. Cranberry mengandung satu zat antioksidan yaitu proanthocyanidins yang dapat mencegah bakteri ISK. Karena sifat anti-adhesinya, proanthocyanidins bisa menghambat bakteri agar tidak menempel di saluran kemih, sehingga penularan infeksi tidak terjadi.  Hal tersebut juga dikuatkan oleh lembaga pengawas obat dan makanan Prancis (AFSSA) pada bulan April 2004 yang mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakeri yang digunakan untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini juga dibuktikan oleh dengan dilakukannya uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.
Bagi yang mengeluh anyang-anyangan, kalian tidak perlu hunting atau sampai berkebun buah cranberry di rumah. Karena combiphar sudah memberikan inovasi praktis dari buah cranberry yang digunakan untuk mengatasi anyang-anyangan, yaitu Prive Uricran. Prive Uricran dari combiphar tersedia dalam bentuk minuman serbuk dan kapsul yang keduanya bisa digunakan untuk mengatasi dan mencegah anyang-anyangan. Kenapa saya bilang Prive Uricran ini adalah inovasi dan solusi mengatasi anyang-anyangan ? karena cara penggunaannya yang praktis, manfaat, dan kualitasnya yang jelas sudah tidak perlu diragukan. Kita tidak perlu repot-repot mencari apalagi mengolah buah cranberry untuk mendapatkan manfaatnya. Jika muncul keluhan anyang-anyangan, kamu tidak perlu datang ke apotek minta antibiotik ke apotekernya. Karena jelas kami tidak akan memberikan antibiotik tanpa resep dokter, dan sudah ada solusi yang praktis dan aman digunakan oleh masyarakat. Kemasan dan cara penggunaan yang praktis tentu saja memudahkan penggunaanya dimanapun, baik itu perempuan ataupun laki-laki, baik yang bekerja di luar rumah ataupun bekerja di rumah. Dan kabar baiknya lagi, Prive Uricran ini juga aman digunakan oleh wanita hamil. Kurang baik apalagi combiphar sudah memberikan kemudahan di tengah masalah yang sering dijumpai para perempuan ini.
Prive Uricran terbagi dalam dua bentuk sediaan, yaitu kapsul dan minuman serbuk. Prive Uricran dalam bentuk sediaan kapsul mengandung 250mg cranberry extract dengan dosis yang bisa dikonsumsi 1-2 kapsul perhari atau sesuai anjuran dokter. Sedangkan Prive Uricran Plus dalam sediaan serbuk, mengandung 375 mg cranberry extract, 60mg Vitamin C, 0,1 mg Lactobacillus Achidopillus dan Bifidobacterium Bifidum, dan 1mg kalsium laktat glukonat bisa dikonsumsi 1-2 sachet perhari paling tidak selama 10 hari. Nah, Lactobacillus Achidopillus dan Bifidobacterium Bifidum adalah probiotik yang menambah manfaat Prive Uricran Plus yaitu mencegah infeksi bakteri parasit di saluran cerna serta mencegah bakteri agar tidak menuju saluran kemih dan menyebabkan infeksi saluran kemih (Bisa dibaca di Prevention and treatment of urinary tract infection with probiotics: Review and research perspective).
Cara mendapatkan Prive Uricran sekarang juga sangat mudah, bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat seperti Kimia Farma, Guardian, Watson, Viva Generik, Century atau apotek lainnya. Nah, jadi bagus yang mana antara Prive Uricran dan Prive Uricran Plus ? Jawabannya keduanya sama baiknya dari segi manfaat. Tetapi, karena saya adalah orang yang lebih menyukai kepraktisan, saya lebih menyukai sediaan serbuk. Karena cara penyajiannya yang hanya tinggal seduh dalam 1 gelas air 150 mL. Rasanya juga bisa dikonsumsi oleh orang yang tidak menyukai minum obat. Nah, jadi buat kamu yang punya masalah yang sama yaitu anyang-anyangan dan terbiasa terapi dengan antibiotik meskipun belum ISK. Kalian bisa mengonsumsi Prive Uricran ini sebagai solusi alaminya, karena praktis dan aman dari efek samping. Istimewanya lagi, Prive Uricran ini juga bisa dikonsumsi mulai dari anak-anak. Perlu diketahui, laki-laki juga bisa mengonsumsi bukan hanya perempuan. Karena anyang-anyangan bisa menyerang laki-laki dan perempuan, tua ataupun muda.
Anyang-anyangan, Penyebab Anyang-anyangan, Cara mencegah anyang-anyangan


Anyang-anyangan, Penyebab Anyang-anyangan, Cara mencegah anyang-anyangan

Beraktivitas dan berkarya dalam bentuk apapun adalah keinginan banyak perempuan. Masalah seperti anyang-anyangan bisa saja mengganggu produktivitas. Dan tentunya setiap perempuan memiliki berbagai cara untuk mengatasinya. Mengonsumsi Prive Uricran adalah salah satu solusi alami, praktis dan aman bagi para perempuan aktif agar tetap bisa berkarya tanpa rasa khawatir. Karena Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati. Kalau Ada yang Praktis Kenapa Pilih yang Repot. Kalau Ada Yang Aman, Kenapa Pilih yang Beresiko ? 

******


See You on My Next Post,

You Might Also Like

20 komentar

  1. Ga nyaman banget memang pas anyang2an ini.. Diturutin ga tuntas,ga diturutin ga tahan.. Sakit lagi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. aku juga ngerasa keganggu banget. untungnya ada solusi terbaru nih dari uricran :)

      Hapus
  2. Wah ternyata air putih bisa bantu mencegah anyang-anyangan ya mbak. Syukurlah saya emang demen sama air putih. Awalnya sih butuh karna emang baik buat kulit, dan bibir, tapi ternyata dapet manfaat lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, air putih emang juara banget manfaatnya :)

      Hapus
  3. Semoga kita semua terhindar dari anyang-anyangan mba, nggak enak banget rasanya emang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mbak . Iya mbak emang ngga enak banget , kalo ada aktivitas jadi kesendat-sendat πŸ˜•

      Hapus
  4. anyang-anyangan memang mengganggu banget, mesti bolak balik ke toilet dan tidak tuntas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya apalagi kalo udah disertai nyeri . Duh udah bolak balik nyeri , nggak nyaman banget rasanya . πŸ˜•

      Hapus
  5. Bener banget mbak, lebih baik menjaga daripada mengobati. Apalagi kalau udah anyang-anyangan, hix deh ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak , kalo udah anyang-anyangan mau aktivitas gitu jadi nggak nyaman. Sebisa mungkin deh mencegah dari sekarang

      Hapus
  6. anyang-anyangan ini memang mengganggu banget sih ya. Kalau lagi banyak kegiatan, repot banget jadinya kalau musti bolak balik ke toilet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak , apalagi kalau sedang bepergian akan lebih repot lagi . Semoga kita terhindar dari anyang-anyangan ya mbak 😊

      Hapus
  7. Aku juga pernah kena anyang-anyangan, itu beneran kesiksa banget mba :(
    Baru bener-bener sembuhnya sama Uri Cran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya untungnya ada uricran lho. bayangin nggak sih kalo harus konsumsi antibiotik trus tiap anyang-anyangan :(

      Hapus
  8. Anyang-anyangan ini mengganggu banget deh. Kudu sedia prive Uricran di mana saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, soalnya praktis dan travel-friendly banget :)

      Hapus
  9. Aku juga suka minum ini . Lumayan mengurangi efek sakit pas anyang-anyangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga daripada nanti jadi ISK, mendingan sebelum kejadian langsung uricran-in aja :)

      Hapus
  10. Wuih, banyak banget kerjanya, Mbaak. Sampai rangkap-rangkap gituu😁

    Saya kalau sudah sibuk dengan satu pekerjaan males banget ke belakang. Kalau kebelet suka ditahan jadilah anyang-anyangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya mbak, saya emang nggak bisa diem nih mbak.
      sama banget, seringnya kayak gitu kalo pas lagi fokus sama kerjaan malah nahan ke belakang :(

      Hapus

Follow Diah by Email

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe